sejarah

Selasa, 23 September 2014

Sejarah Tekstil

Sejarah Tekstil
Benang, kain, dan alat untuk memintal dan menenun telah ditemukandi antara peninggalan awal dari pemukiman manusia. kain linen yangberasal dari 5000 SM telah ditemukan di Mesir. tekstil Woolen dariZaman Perunggu awal di Skandinavia dan Swiss juga telahditemukan. Kapas telah berputar dan tenunan di India sejak3000 SM, dan telah tenunan sutra di Cina setidaknya sejak1000SM Tentang sen 4. AD Konstantinopel mulai menenun sutramentah diimpor dari China. Satu abad kemudian sutra budayamenyebar ke negara-negara Barat, dan tekstil membuat berkembang pesat. Dengan 14 persen. kain tenunan indah sedang di tangan tenundari negara-negara Mediterania di hampir semua struktur dasar dikenal seniman modern, dan tidak ada perubahan mendasar dalamproses sejak saat itu, meskipun metode dan peralatan telah secara radikal diubah.
Penjualan tekstil diKarachi,Pakistan.
Tekstil
adalah material fleksibel yang terbuat dari tenunan benang. Tekstil dibentuk dengan cara penyulaman,penjahitan, pengikatan, dan cara
  pressing
. Istilah tekstil dalam pemakaiannya sehari-hari seringdisamakan dengan istilah kain. Namun ada sedikit perbedaan antara dua istilah ini, tekstil dapat digunakan untuk menyebut bahan apapunyang terbuat dari tenunan benang, sedangkan kain merupakan hasil jadinya, yang sudah bisa digunakan.
Berkembangnyailmu pengetahuan dan teknologi saat ini, makaperkembangan bahan tekstilpun semakin pesat sesuai dengankebutuhan para konsumen. Bahan tekstil untuk busana tersebutberasal dari bermacam-macam serat.
1. Jenis-jenis serat
Pada dasarnya serat tekstil berasal dari tiga unsur utama, yaitu serat yang berasal dari alam(tumbuh-tumbuhan dan hewan), serat buatan(sintetis) dan galian (asbes, logam).

a.Serat alam
yang berasal dari tumbuh-tumbuhan antara lain:kapas, lenan, rayon, nenas, pisang. Serat alam yang berasal darihewan yakni: dari bulu beri-beri, adapun bahan yang berasal dariserat tersebut adalah bahan wol.sedangkan serat dari ulat sutramenghasilkan bahan tekstil sutra.

b.Serat buatan
(termoplastik)bahan tekstil yang berasal dari seratbuatan ini adalah berupa Dacron, polyester, nylon.

c.Serat galian
Serat galian adalah yang berasal dari dalam tanah.contoh asbes danlogam, benang logam.bahan asbes banyak digunakan untuk sumbukompor minyak tanah, untuk mengisi aneka bunga yang berasal daribermacam-macam bahan tekstil seperti: stoking, nylon, tula danbahan rajutan.Serat logam lebih banyak digunakan untuk membuatbermacammacam jenis benang, seperti, benang emas, benang perak,tembaga, aluminium, selain itu ada pula benang logam yang dilapisidengan plastik.Apabila benang logam tersebut akan di tenun, sebaiknya di gabungdengan benang dari bahan lain. Hal ini disebabkan benang logamtersebut memiliki sifat kaku dan sukar dipelihara.Benang logam ini banyak ditemukan pada bahan tekstil seperti:borkat,lame, tenunan songket yang ditemukan diseluruh daerah Indonesiaantara lain: songket pandai sikek, songket silungkang, songketkubang, songket palembang, songket Kalimantan, songket jambi dll.
2. Sifat bahan tekstil
Untuk dapat melakukan pemeliharan bahan tekstil (bahan busana)dengan tepat dan benar, terlebih dahulu harus diketahui sifat-sifat daribahan tersebut:

a. Katun
Sifat-sifat bahan katun adalah bersifat hidroskopis atau menyerap air,mudah kusut, kenyal, dalam keadaan basah kekutannya bertambah lebih kurang 25%, dapat disetrika dalam temperatur panas yang tinggi, katun lenan tersebut mengandung lilin, oleh sebab itu tidak perlu dikanji. Katun lenan ini tidak tahan chloor. Sementara rayonlebih licin dan mengkilap, tidak menghisap debu dan kotoran, karnakotoran itu melekat hanya pada permukaan bahan saja. Sedangkan sintetis sifatnya tidak jauh berbeda dengan katun lainnya

b.wol
Bahan wol memiliki sifat sangat kenyal hingga tidak mudah kusut, bila wol dipanaskan ia akan menjadi lunak karena kenyalnya berkurang.Wol mengikat, panas, karena serabut wol keriting. Udara dalam pori-pori wol bertahan, bila dipakai dapat mengantarkan panas, wol tidak tahan akan nyengat.

c.Sutera
Bahan sutera memiliki sifat lembut, licin dan berkilap, kenyal dan kuat.Dalam keadaan basah sutera berkurang kekuatannya 15%. Bahansutera tahan ngenyat, banyak menghisap air dan bila dipergunakanmemberi rasa sejuk.

d.Dacron, polyester dan nylon
Bahan tekstil ini apabila dicuci cepat menjadi kering, tidak kusut jaditidak perlu di setrika, kuat dan tahan lama dipergunakan, lebih tahanpanas.e.
Brokat, lame dan songket
Bahan tekstil/busanayang berasal dari brokat, lame dan songket ini mudah berubah warna, tidak mudah kusut, kurang menyerap air, tidak tahan temperatur setrika yang tinggi.
Perbedaan jenis tekstil:
1)Kapas 
2)Wol 
3)Silk 
4)Nylon 
5)Poliestertekstil adalah kain, yang baik ditenun dengan tangan ataumesin. "Tekstil" secara tradisional berarti, "kain tenunan".Istilah iniberasal dari kata texere Latin, yang berarti menenun.

Serat adalah bahan baku untuk semuakain. Beberapa seratterjadi di alam sebagai alurhalus yang dapat memutar ke dalam benang. iniserat alami berasal dari tanaman, hewan,dan mineral. Untuk sebagian besar sejarah, orang hanya serat alami untuk digunakan dalam pembuatan kain. Tetapi ilmu pengetahuan modern telah belajar bagaimana untukmenghasilkan serat oleh bahan kimia dan sarana teknis.Saat ini, seratini diproduksi account selama lebih dari dua pertiga dari serat yangdiproses oleh pabrik tekstil AS.

Tanaman menyediakan serat tekstil lebih daripada hewan atau mineral.Kapas menghasilkan serat yang lembut, kain penyerap yangbanyak digunakan untuk pakaian, seprai, dan handuk.Serat tanaman rami dibuat menjadi linen. Kekuatan dan keindahan linen telahmembuat kain halus populer untuk taplak meja, serbet, dansaputangan.Serat hewan utama yang digunakan untuk tekstil adalah wol,. hewanlain serat sutra, memproduksi salah satu kain yang paling mewah. Domba memasok sebagian besar wol, tetapi anggota keluarga unta danbeberapa ekor kambing jugamemberikan wol.Wol menyediakan hangat, kain nyaman untuk gaun, jas, dan sweater.

Silk berasal dari kepompong berputar oleh ulat sutera. Pekerja Ulurkan kepomponguntuk mendapatkan panjang, filamenalam. Kain yang terbuat dari sutera serat memiliki keharuman dan kelembutan yang besar dan dapat dicat warna-warna cerah.Sutera sangat populer untuk syal dan dasi.Sebagian besar serat diproduksi terbuat dari pulpkayu, linter kapas, atau petrokimia. Petrokimia bahan kimia yang terbuat dari minyak mentah dan alam gas.The kepala serat dibuat dari petrokimia termasuk nilon,poliester, akrilik, dan olefin.Nylon memiliki kekuatan yang luar biasa,memakai baik, dan mudahuntuk mencuci. Ini adalahpopuler untuk kaus kakidan pakaian lain dan untuk karpet dan upholstery selang. Seperti produk konveyorsebagai sabuk api dan juga terbuat dari nilon.Kebanyakan tekstil yang dihasilkan olehmemuntir serat dalam benang dankemudian merajut atau menenun benangmenjadi kain. Metode pembuatan kain telah digunakan selama ribuan tahun. Tapi di sebagian besar waktuitu, pekerja tidak berputar-putar, merajut, atau menenun sebagianbesar dengan tangan. Dengan mesin modern hari ini, pabrik-pabriktekstil dapat memproduksi sebagai kain banyak dalam beberapa detik seperti yang pernah mengambil pekerja minggu untuk memproduksi dengan tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar