sejarah

Jumat, 05 September 2014

Sejarah Penemuan Es Krim


Pescania, tahukah anda sejak kapan Es Krim (Ice Cream) itu ada dan siapa yang pertamakali menciptakannya ?

Konon asal muasal Es Krim diperkirakan kurang lebih dari 200 tahun sebelum Masehi, walaupun memang tidak diketahui secara tepat kapan tanggal maupun penciptanya. Dari  catatan sejarah diketahui bahwa Alexander Agung adalah penikmat es krim yang saat itu bentuknya masih berupa salju yang ditambahkan madu dan sari buah. Pada jaman kekuasaan Romawi, penguasa saat itu Nero Cladius Casesar (th 54-86) sering mengirim orang ke gunung hanya untuk mengambil salju, dimana kesukaannya adalah dicampur bermacam buah-buahan.

Pada abad ke 16 Masehi di benua Eropa baru ditemukan teknik membuat Es krim dalam bentuknya sekarang yang sering kita nikmati. “Cream Ice” adalah nama hidangan yang muncul rutin di meja makan raja Inggris Charles I . Sedangkan di Prancis tahun 1553 hidangan untuk raja Henry II ini dinamakan ‘”frozen desserts”.  Baru di tahun 1660 es krim menjadi hidangan untuk publik yang bisa dinikmati di Café Procope, dimana resep rahasia mereka saat itu adalah campuran susu, kream, tepung dan telur. Untuk diketahui Café Procope adalah café pertama berdiri di kota Paris.
Lompat ke masa modern, Es krim adalah makanan rekreasi untuk para prajurit saat perang dunia ke II. Menurut ahli psikologi saat itu, es krim membawa rasa nyaman dan suntikan kebahagiaan yang sangat berguna bagi para prajurit yang sedang berjuang bertarung nyawa. Makan es krim sangat signifikan menaikkan moral dan semangat juang para prajurit.  Jadi para produsen es krim saat itu berlomba-lomba memproduksi es krim untuk dikirim ke medan perang di Eropa dan Asia Pasifik.
Jadi Pescania, es krim dari asalnya dulu adalah hidangan untuk para bangsawan dan keluarga kerajaan.  Rasanya yang dingin tapi lembut di mulut seperti kita merasakan kemewahan itu sendiri. Sementara itu setelah menikmati es krim, kita jadi bersemangat untuk melakukan aktivitas seperti prajurit yang siap untuk bertempur. Jadi jangan pernah lupa menyantap es krim tiap hari ya. Pesca Ice Cream selalu menyiapkan es krim terenak dengan variasi rasa yang tidak ditemukan di tempat lain.

Sumber : http://pescaicecream.com/sejarah-ice-cream/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar