sejarah

Kamis, 04 September 2014

Sejarah pembangunan tembok besar di China

Jika Anda datang ke Negeri China atau disebut juga dengan Negeri tirai bambu, tidak lengkap rasanya jika Anda tidak mengunjungi tembok china, yang merupakan tembok yang membentang sepanjang 7.300 kilometer di perbukitan China. Dari tembok tersebut memiliki nilai sejarah hidup manusia di era kerajaan China dan menjadikannya sebagai tujuh keajaiban dunia.

Dibalik seni yang begitu indah, tembok China memiliki nilai sejarah yang luar biasa, dan tembok ini merupakan salah satu dari tujuh ke ajaiban dunia. Pada zaman masa kerajaan China, tembok ini digunakan sebagai benteng pertahanan militer kuno yang menghabiskan waktu atau masa pembangunan yang sangat lama dengan ukuran paling besar di dunia. Tembok China terlihat megah melintang mulai dari bagian barat sampai ke bagian timur Cina dengan panjang 7.300 kilometer.
Proses Pembuatan Tembok Besar
Diperlukan waktu ratusan tahun untuk membuat tembok ini, dibuat di jaman berbagai dinasti dan kaisar, dan selama proses pembuatannya telah menelan jutaan korban manusia. Tembok ini telah mulai dibuat sebelum Dinasti Qin berkuasa, tepatnya dibangun pertama kali pada jaman negara-negara berperang.
Ketika Dinasti Qin berkuasa, Kaisar Qin Shi-huang meneruskan kembali pembangunan dan pengokohan tembok yang telah dibangun sebelumnya.
Sepeninggal Kaisar Qin Shi-huang, pembuatan tembok ini sempat terhenti dan baru dilanjutkan kembali pada jaman Dinasti Sui, terakhir pembuatan tembok dilanjutkan lagi pada jaman Dinasti Ming. Bentuk tembok yang sekarang dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara adalah hasil pembangunan dari jaman Dinasti Ming.

Detail Tembok Besar
Tembok Besar Cina mempunyai ketinggian rata-rata 980 meter dari permukaan laut.
Menurut catatan sejarah, tembok ini panjangnya 7.300 kilometer, tingginya 8 meter, lebar bagian atasnya 5 m sehingga cukup untuk berjalan 4 ekor kuda secara berdampingan, sedangkan lebar bagian bawahnya 8 m. Setiap jarak 180 m sampai 270 m terdapat semacam menara pengintai, tinggi menara pengintai 11 sampai 12 meter, menara pengintai ini berfungsi juga untuk menyimpan senjata dan bahan pangan.
Bagian atas tembok digunakan untuk jalan utama pasukan berkuda Tiongkok pada masa itu dan juga digunakan sebagai jalan untuk mengangkut bahan pangan dan persenjataan untuk tentara. Di sisi dalam tembok dibangun pintu dan tangga untuk naik turun.
Tembok Besar dibangun dengan menggunakan batu besar yang disisipi dengan tanah dan batu pecahan.
Agar bisa sampai keatas tembok, pengunjung harus naik melalui tangga yang jumlahnya mencapai ribuan anak tangga. Alternatif lain untuk dapat naik keatas tembok, pengunjung dapat menggunakan fasilitas yang telah tersedia, seperti Sky Lift (kereta gantung) dan Biconvex Pulley (kereta kecil yang berjalan di atas rel).

Berkunjung ke Tembok Besar
Dari pusat Kota Beijing, pengunjung dapat naik ke Tembok Besar dari 3 (tiga) sisi, yaitu melalui Mutianyu, Juyongguan dan Badaling. Dari Beijing, jarak tempuh kesisi Badaling lebih dekat yaitu ±1,5 jam perjalanan dengan bus lewat jalan tol.
Setelah sampai diatas tembok, maka akan terlihatlah pemandangan alam yang sangat memukau dan menyejukkan hati.

Tembok Besar Dimasa Damai
Dimasa sekarang, Tembok Besar sudah tidak digunakan lagi sebagai kubu pertahanan militer. Dimasa sekarang, Tembok Besar dijadikan sebagai salah-satu wisata andalan Negara Cina. Keindahan Tembok Besar tercermin pada kemegahan, kekuatan serta kebesarannya. Tembok Besar memiliki daya tarik seni serta arsitekturnya yang aneka ragam dan menawan.

Hasil Riset Terbaru
Dari hasil riset terbaru yang dilakukan, ternyata Tembok Besar Cina lebih panjang dari ukuran yang diperkirakan orang selama ini.
Berkat dari kecanggihan teknologi infra merah dan GPS terbaru yang dimiliki oleh pemerintah Cina, maka para ahli dapat melakukan pengukuran secara menyeluruh dan dari hasil pengukuran tersebut dapat diketahui, ternyata panjang Tembok Cina yang sebenarnya adalah 8.850 kilometer atau sebanding dengan 5.500 mil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar