sejarah

Sabtu, 06 September 2014

sejarah bola basket

Sejarah Bola Basket Ditemukan Pada  Tahun 1891

Penemu Bola Basket


Sejarah Bola Basket ditemukan pada Desember 1891 oleh pendeta Kanada, pendidik, dan dokter James Naismith. Naismith memperkenalkan permainan ketika kami adalah seorang instruktur di Young Men ‘s Christian Association Training School (sekarang Springfield College) di Springfield, Massachusetts. Atas permintaan atasannya Luther, Dr H. Gulick, ia mengadakan rekreasi kuat cocok untuk bermain musim dingin dalam ruangan. Permainan Bola Basket melibatkan unsur sepak bola Amerika, sepak bola, dan hoki, dan bola pertama yang digunakan adalah bola sepak. Tim memiliki sembilan pemain, dan tujuan adalah persik keranjang kayu ditempelkan di dinding. Pada 1897-1898, tim dari lima menjadi standar. Permainan cepat menyebar secara nasional dan ke Kanada kekiri dan bagian lain dunia, dimainkan oleh perempuan dan laki-laki, tetapi juga menjadi permainan outdoor populer informal. Prajurit AS dalam Perang Dunia II (1939-1945) mempopulerkan olahraga di banyak negara lain.

Sejumlah perguruan tinggi AS mengadopsi permainan antara sekitar 1893 dan 1895. Pada tahun 1934 permainan perguruan tinggi pertama yang digelar di New York City Madison Square Garden, dan bola basket perguruan tinggi mulai bermain dan menarik orang banyak dan minat tinggi. Pada 1950-an bola basket telah menjadi olahraga perguruan tinggi, sehingga membuka jalan bagi pertumbuhan minat bola basket profesional.

Pro pertama liga, National Basketball League, dibentuk pada tahun 1898 untuk melindungi pemain dari eksploitasi dan mempromosikan permainan bola basket. Liga ini hanya berlangsung lima tahun sebelum bubar, kehancurannya melahirkan sejumlah liga terorganisir secara longgar di seluruh Amerika Serikat timur laut. Salah satu tim pro bola basket pertama dan terbesar adalah Celtics Asli, diselenggarakan sekitar 1915 di New York City. Mereka bermain bola basket sebanyak-nya 150 pertandingan musim dan didominasi bola basket sampai tahun 1936. Harlem Globetrotters, didirikan pada tahun 1927, sebuah tim pameran terkenal, mengkhususkan diri dalam pengadilan dan penanganan ahli bola.

Pada tahun 1949 dua liga profesional selanjutnya, National Basketball League (dibentuk pada 1937) dan Asosiasi Bola Basket of America (1946) bergabung untuk membuat National Basketball Association (NBA). Boston Celtics, yang dipimpin oleh mereka center Bill Russell, yang didominasi NBA dari akhir 1950-an melalui 1960-an. Pada tahun 1960, tim pro dari pantai ke pantai dimainkan sebelum kerumunan jutaan per tahun. Wilt Chamberlain, sebuah pusat untuk Los Angeles Lakers, satu lagi pemain terkemuka pada era itu, dan pertempuran dengan Russell yang dinantikan. Kareem Abdul-Jabbar, juga pusat, menjadi terkenal pada 1970-an. Jabbar menyempurnakan terkenal nya “langit hook” ditembak saat bermain untuk Los Angeles Lakers dan mendominasi oposisi.

NBA mengalami penurunan popularitas pada akhir 1970-an, tapi menghidupkan kembali, terutama melalui semakin populernya pemain bola basket yang paling menonjol. Larry Bird dari Boston Celtics, dan Magic Johnson dari Los Angeles Lakers dikreditkan dengan menyuntikkan kegembiraan ke liga pada 1980-an melalui keterampilan unggul dan selama satu dekade persaingan. Selama akhir 1980-an Michael Jordan dari Chicago Bulls naik menjadi bintang dan membantu Bulls NBA mendominasi selama awal 1990-an. Sebuah generasi baru bintang bola basket, termasuk Shaquille O’Neal dari Orlando Magic dan Larry Johnson dari Charlotte Hornets, telah menopang pertumbuhan NBA popularitas.

Pada tahun 1959 sebuah Basketball Hall of Fame didirikan di Springfield, Massachusetts. Daftar nama meliputi nama-nama pemain bola basket yang hebat, pelatih, wasit, dan orang-orang yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan permainan bola basket.

  • Aturan Permainan Bola Basket
    Aturan Permainan Bola Basket. ada beberapa aturan permainan bola basket - Pada awalnya, pertandingan bola basket, pemain tidak ada yang men-dribble bola, sehingga bola hanya dapat berpindah melalui lemparan Baca Selanjutnya
     
  • Cara Permainan Bola Basket
    Cara Permainan Bola Basket, tentu saja harus sangat diperhatikan karena dalam permainan bola basket tidak boleh bermain curang.
    cara permainan bola basket. Sebuah intro singkat untuk permainan sangat dibutuhkan di tempat ini. Basket dirancang pada tahun 1892 oleh seorang pelatih fisik James A Smith dan di Amerika Serikat 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar